Minggu, 15 Juni 2014

Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Tepat nya  terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karang Anyar Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Kaki Gunung Lawu dengan memiliki panorama hutan yang alami seluas 20Ha.
Sedikit cerita, awal pertama saya ke sini sejak umur 1,5 tahun yaitu tahun 1995 bersama orang tua dan keluarga di Solo. Hampir setiap libur lebaran saya pulang ke Solo dan suka jalan-jalan ke daerah Tawangmangu ini. 
Kali ini saya ke sini bersama someone yang boleh di bilang sahabat atau pacar. Saat saya liburan kuliah semester 3, saya dan sahabat saya memikirkan rencana ngebolang dan saat itu saya tertarik untuk ngebolang di wilayah Solo-Yogyakarta. Ini adalah salah satu tujuan wisata saya yaitu air terjun nan indah.
Air terjun ini memiliki ketinggian 81 M dan daerah ini berada di ketinggian 1200 Mdpl. Grojogan sewu merupakan air terjun tertinggi ke-2 di Indonesia dan pertama di Jawa Tengah.
Dalam perjalanan menuju air terjun ini banyak kita jumpai kera/ monyet di dekat pintu masuk sampai menuju ke air terjun tersebut. Perlu di ingat dan hati-hati meski kera-kera nya jinak tapi kera disini suka merebut makanan yang kita bawa baik di dalam kantong plastik maupun di dalam tas. Jadi perlu hati-hati sama barang bawaan kita. Disini kita juga bisa menikmati udara yang sejuk dan melangkah demi langkah menyusuri tangga sewu. Kata orang jumlah anak tangganya ada sewu= seribu selama perjalanan turun dan naik. 
Disekitar air terjun juga terdapat banyak fasilitas lain seperti Kolam Renang, Flying fox dengan biaya Rp 10.000 dan banyak terdapat warung makan yang menjajal jualan nya seperti sate kelinci.
Untuk menuju kawasan ini, jika dari Solo dapat di tempuh dengan waktu 1 jam dengan menggunakan motor atau mobil.
>Jika menggunakan angkutan umum kita bisa menaiki bus dari Terminal Tirtonadi-Terminal Tawangmangu dengan biaya Rp 7.000 s/d 8000
kemudian kita bisa jalan kaki menuju pintu gerbang Grojogan Sewu dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer atau bisa dengan menggunakan angkot dengan biaya Rp 3.000
>Biaya retribusi Grojogan Sewu RP 6.000
>Jika ingin bermalam disini ga perlu kwatir karna banyak penginapan seperti hotel dan vila di sekitar Grojogan sewu ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar