Minggu, 25 Mei 2014

Ketep Pass

Selasa, 18 Februari 2014

Ini adalah tempat dimana bisa melihat 2 puncak gunung sekaligus yaitu Merbabu dan Merapi atau biasa disebut double M dengan jarak yang lumayan dekat. Kawasan Ini termasuk ke dalam wilayah Solo-Selo-Borobudur.
Gunung Merbabu tampak dari Ketep Pass
Gunung Merapi tampak dari Ketep Pass
Ketep Pass ini tepatnya terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Orang banyak bilang Ketep Pass merupakan gardu pandang untuk melihat Gunung Merapi dan Merbabu dan juga disini kita bisa melihat pemandangan lainnya. Disini juga terdapat "Ketep Volcano Theatre" dimana kita dapat melihat film dokumenter tentang letusan merapi, hanya dengan membayar Rp 5.000/orang.
Selain ini juga terdapat Museum. Hanya membayar Rp 3.000/ orang kita sudah dapat melihat-lihat yang ada di dalam museum tersebut. Disini juga terdapat banyak warung yang menjual makan dan minum. Untuk harga tiket masuk ke Ketep Pass sangat terjangkau hanya Rp 7.500,00 perorang dan ditambah biaya parkir yaitu Rp 2.000,00 untuk kendaraan roda dua.
Ada 3 rute yang bisa di lewati yaitu yang biasa disebut jalur SSB (Solo – Selo – Borobudur). Jika pengunjung berasal dari Yogyakarta bisa melewati Muntilan, Magelang. Sampai Gulon silahkan berbelok ke kanan – Ngadipuro – Senowo – Sawangan – Ketep, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 – 2 jam dengan jarak tempuh lebih dari 40 km. atau jalur yang lain dari Yogyakarta bisa menuju Mungkid belok kanan ke Pagersari – Gondowangi – Ketep sekitar 50 km ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam. 
Apabila dari arah kota Solo (Surakarta) seperti saya, silahkan untuk menuju Kabupaten Boyolali. Dari Boyolali menuju Ketep Pass jaraknya 35 km bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Rute yang harus dilewati adalah Boyolali – Cepogo – Selo – Musuk - Ketep Pass. 
Jika pengunjung berasal dari Semarang silahkan menuju kota Salatiga, dari Salatiga ke Ketep Pass bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan kecepatan normalsekitar 50 km melewati Getasan melewati obyek wisata Kopeng – Gablak – Pakis - Ketep Pass.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar