Kamis, 03 April 2014

MT.Manglayang

Gunung Manglayang, 31 Desember 2013-1 Januari 2014
Dari Puncak
Gunung Manglayang terletak di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung, Jawa Barat. Malanglayang yang mempunyai ketinggian ±1818 mdpl, menjadi gunung yang terendah dari rangkaian ke empat gunung yaitu Burangrang, Tangkuban Perahu dan Bukit Tunggul.

Ini pendakian pertama saya di Bandung di Gunung Manglayang. Hari itu saya di ajakin temen untuk camping di Malam Pergantian Tahun. Saya berangkat dengan beranggota 12 orang yaitu anak UNIKOM48 (Fans JKT48). Kita berangkat dari Bandung pagi skitar pukul 06.00 dengan menggunakan motor kemudian motor dititipin di rumah teman di Cileunyi. Kemudian kita jalan kaki sampai persimpangan dan menyewa angkot untuk menuju ke post melalui Bumi Perkemahan Kirpray. Untuk mendaki gunung ini ada juga beberapa jalur yang bisa digunakan yaitu melalui Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda (Kab. Bandung), Palintang (Ujung Berung, Kab. Bandung), Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor.
Kebersamaan itu Indah
 Kami mulai naik sekitar pukul 10.00 dengan jalan awal yang bingung kita mencoba jalur baru dan ternyata salah dan akhir nya kami muter lagi melewati ladang warga. Saat kami melintas ada salah seorang teman kami tersengat tawon/lebah dan kami berusaha lari dari tempat itu dulu. Kemudian kami melanjutkan perjalanan setelah nanya sama bapak yang ada di ladang tersebut. Jalur ini diawali dengan melewati aliran sungai kecil, kemudian dilanjutkan dengan kebun jeruk nipis penduduk. Dari awal pendakian sampai puncak, gunung ini terbilang vertikal tanpa bonus, sangat cocok dijuluki “kecil-kecil cabe rawit”. Kondisi fisik jalur pendakian dimulai dengan tanjakan tanah liat diselingi tanjakan berbatu, keseluruhannya sangat licin dan merupakan jalur air, sehingga sangat tidak direkomendasikan melakukan pendakian pada musim hujan.
Jalur pendakian gunung ini tidak dilengkapi dengan pos/shelter karena jarak dan waktu tempuh yang cukup singkat, 2 jam jalan normal. Untuk lokasi membangun tenda hanya bisa dilakukan di Puncak Bayangan dan Puncak Manglayang. Jalur yang jelas ini akan berpisah di persimpangan, tren vertikal ke kiri adalah arah menuju Puncak Bayangan dan trend landai ke kanan adalah menuju Puncak Manglayang. Untuk membangun tenda sangat direkomendasikan di Puncak Bayangan, meskipun tempatnya tidak luas hanya berkapasitas 4-5 tenda, namun pemandangannya sangat terbuka. Sedangkan di Puncak Manglayang tidak dapat melihat apapun selain rimbunnya hutan dan 1 kuburan.
Namun setelah kami sampai di puncak bayangan angin sangat kencang sehingga kami tidak bisa diriin tenda dan was-was kalo diriin bakal terbang tendanya. Jadi kami cuma berfoto-foto saja di puncak dan kembali turun ke post untuk diriin tenda ga jauh dari post.